D3 Teknik Sipil

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

Teknik Sipil merupakan disiplin ilmu teknik paling lama yang unggul  dibidang Bangunan Gedung dan Pekerjaan-pekerjaan Infrastruktur.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Gelombang I - Mandiri

Non Reguler

1 Januari 2024 - 30 Desember 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Gelombang I - Mandiri

Reguler

1 Januari 2024 - 30 Desember 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Prospek Karir

  • Engineer untuk perusahaan Kontraktor (Site Engineer) dan Engineer untuk perusahaan konsultan (Structur Engineer);
  • Supervisor Kontruksi (Pelaksana Lapangan);
  • Drafter (Juru Gambar);
  • Surveyor (Juru Ukur);
  • Estimator (Quantity Survey);
  • Bar Bending Scheduler (BBS) yaitu orang yang melakukan perhitungan pembesian;
  • Quality Control (QC) kualitas dari hasil pelaksanaan pekerjaan. Pengawasan terhadap mutu pekerjaan yang baik akan menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik;
  • Logistik Proyek, suatu sistem, seni dan ilmu mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya;
  • Admin Proyek;
  • Safety Officer (HSE) /(K3) Safety officer adalah sebuah profesi yang dikerjakan oleh seorang profesional dengan latar pendidikan tertentu;
  • Bekerja di Dinas PU (Pekerjaan Umum);
  • Freelence (Menawarkan Jasa seputar dunia Proyek);
  • Pemborong (Kontraktor);
  • Pengusaha di bidang Konstruksi;
  • Youtuber dan Blogger.

Materi Pembelajaran

Program Studi Teknik Sipil menjadi salah satu dengan peminat cukup banyak. Dengan demikian, mempunyai daya saing besar. Maka dari itu, harus mempersiapkan hal dasar melalui pengetahuan tentang daftar materi bidang studi teknik sipil. Berikut adalah sejumlah mata kuliahnya.

  1. Matematika teknik 1-2;

Materi yang cukup mendasar untuk mahasiswa pelajari dalam jurusan Teknik Sipil adalah Matematika teknik. Ini sangat penting sebagai dasar melanjutkan ke pelajaran lebih lanjut lagi. Dalam dunia pembangunan, pengetahuan ilmu Matematika ini berguna untuk melakukan sejumlah hal. Dalam penggunaan matematika teknik, maka biasanya menggunakan teknologi untuk membantu melakukan penghitungan Teknik Sipil secara lanjut. Sebagai contoh adalah Teori Elemen Hingga sebagai pembuatan software ETABS, SAP, serta AutoCAD.

  1. Teknologi bahan;

Salah satu materi yang cukup dalam dan harus mampu menguasainya secara benar adalah tentang Teknologi Bahan Konstruksi Sipil. Pada perkualiahannya, terdapat sejumlah capaian kemampuan atau kompetisi untuk mahasiswa kuasai. maka mahasiswa akan mengetahui berbagai hal. Sebagai contoh adalah bahan-bahan bangunan yang meliputi pondasi, seperti semen, kapur, pasir, air, beton, dan lainnya. Kemudian ada juga komponen kolom-balok-dinding antara lain, kayu, besi, fasterner, kawat, serta dapat mengelompokkan jenis-jenis bahan berdasarkan sifat dan fungsinya.

  1. Rekayasa Gambar;

Dalam mata kuliah ini, maka mempunyai tujuan agar mahasiswa memahami tentang fungsi, jenis, skala, alat, komponen, serta sejumlah cara manual penggambaran menggunakan aplikasi penggambaran. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga mempelajari tentang gambar teknik tentang bagaimana cara menggambar proyeksi secara ortogonal, dimetri, dan trimetri. Selain itu, juga mengenai penggambaran AutoCAD, tata letak gambar, serta mampu menguasai teknik menggunakan sejumlah aplikasi gambar.

  1. Analisa Struktur 1-4;

Analisa Struktur mempunyai tujuan pembelajaran agar mahasiswa mampu menguasai sejumlah kemampuan. Sebagai contoh ialah tentang macam-macam struktur itu sendiri. Hal tersebut meliputi, jembatan gantung, lantai, pelengkung sendi, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam materi Analisa Struktur terbagi menjadi dua bagian yakni 1 dan 4. Keempatnya mempunyai isi saling berhubungan. Untuk mampu memahami mata kuliah yang satu ini, mahasiswa harus belajar secara giat tentang teori juga praktiknya di lapangan.

  1. Mekanika tanah 1-2;
  2. Ilmu ukur tanah 1-2;
  3. Lab Uji Bahan dan tanah;
  4. Lab uji konstruksi batu, baja, plumbing dll.


Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!